SUMATERA EKSPRES L.P.6

Sang Pencipta Password

Minggu, 15 Juni 20140 komentar


Assalamualikum Para Sahabat yang saya sayang, dengan rasa penuh percaya diri kali ini saya akan beerbagi sedikit Pengetahuan...
kali ini kita membahas "Siapa Pencipta Password" , sebelum itu saya tanyakan kepada kalian, "Ada yang tau gak Siapa Pencipta Password???"  Pasti banyak yang belum tahu, heehee.. tapi sebelum itu mari kita bahas dulu pengertian Password... oky cikedoottt...




  1. Pengertian Password
     Password adalah kode sandi yang harus dimasukkan ke dalam suatu sistem baik itu sistem komputer yang menggunakan system oprasi windows atau bukan yang berupa karakter tulisan, suara, atau ciri-ciri khusus yang harus diingat...
kalo kita sampai lupa Password, maka akan berakibat buruk bagi kita, jadi waspadailah untuk mengingat Password anda, kalo bisa anda catat untuk lebih memudahkan ingatan anda.
 
2. Pengenalan Password
 
Animasi SMK | nah Kalian tau gak siapa pencipta password, ketika anda ingin buka Facebook, Twitter, Website, Blog, dan yang lainya, anda pastinya harus memasukan PASSWORD bukan?
Pertanyaanya, Siapa Pencipta Password yang Pertama?
Jika belum tahu, berarti anda sama dengan saya yang juga baru tahu hehe..
Inilah Fernando Corbato Pencipta Password pada Komputer yang karyanya kita gunakan tiap hari. Sayangnya, tidak semua orang mengetahuinya.
 Karena sekarang saya sudah tahu, maka disinilah saya ingin berbagi tulisan supaya anda jadi tahu dan selanjutnya bisa membagikan tulisan ini supaya semakin banyak orang tahu :-)
Memang seringkali kita sangat senang dan berulang kali mendapatkan manfaat dari hasil karya orang lain, akan tetapi seringkali kita justru tidak pernah mengenal siapakah orang yang menciptakan PASSWORD untuk pertama kalinya.
Saya ambil dari Personal BLOG yang dikutip dari liputan6.com (10/6/14), Password atau sandi sudah menjadi salah satu kumpulan kode yang hampir setiap hari digunakan oleh para pengguna komputer maupun internet di dunia. Saat mengakses akun media sosial seperti Facebook, Twitter, dan lain sebagainya, kita diwajibkan untuk memasukkan password.
Lalu, siapakah penemu password?
a. Sejarah Diciptakanya Password yang Pertama
   Pada awal tahun 1960-an, Fernando Corbato mengubah dunia. Ia mengembangkan sistem password komputer pertama untuk sebuah proyek di Massachusetts Institute of Technology (MIT), di mana beliau mencoba untuk menciptakan akun terpisah di antara para peneliti yang ada di sana.
Dari situlah terciptanya sebuah password di komputer. Perubahan ini tak hanya memberikan pemahaman tentang bagaimana kita menggunakan teknologi, tetapi juga memaksa kita untuk memikirkan tentang privasi ketika menggunakannya. Tapi sekarang, di era Internet, mantan profesor MIT ini percaya bahwa password telah menjadi mimpi buruk yang nyata.
b. Perkembangan Password
          Dalam sebuah wawancara dengan The Wall Street Journal, Corbato mengatakan bahwa sistem password menjadi `mimpi buruk` untuk World Wide Web. Ia pun percaya bahwa password telah menciptakan masalah yang tak hanya untuk hacker, tetapi juga kepada pemilik password itu sendiri.
“Sulit membayangkan bahwa ada orang yang bisa mengingat semua password yang mereka miliki. Ini menimbulkan masalah besar,” kata Corbato seperti dikutip dari blog The Wall Street Journal, Selasa (10/6/2014).
Maka dari itu Corbato menyarankan kepada para pengguna komputer dan internet untuk membuat daftar password atau menggunakan program pihak ketiga yang memungkinkan mereka menyimpan semua password miliknya dengan aman.
Meski password rentan terhadap tindak kejahatan cyber, sekumpulan sandi ini berguna untuk keamanaan dan privasi pengguna komputer maupun internet. Jika tidak ada password, semua data pribadi Anda bisa dilihat semua orang, termasuk hal yang sebenarnya tidak layak diperlihatkan kepada orang lain.
Sebagai penutup dari tulisan ini, saya berharap kepada anda yang sudah membaca tulisan ini, marilah sedikit luangkan waktu untuk mengucapkan terima kasih kepada Pencipta PASSWORD Fernando Corbato!
Nama   :  Fernando José Corbató
Lahir    : 1 Juli 1926 (umur 87)
                 Oakland, California
Kebangsaan     :  Amerika
Fields                : Computer Scientist
Lembaga           : Massachusetts Institute of Technology
Alma mater      : California Institute of Technology
                             Massachusetts Institute of Technology
Tesis                  : Sebuah perhitungan band energi dari
                             kristal grafit denga menggunakan
                             metode yang ketat mengikat (1956)
Penasihat Doktor                : John C. Slater [1]
Mahasiswa doktoral           : Jerome H. Saltzer
Dikenal Sebagai                   : Multics
Penghargaan terkemuka   : Turing Awar


Terima kasih banyak Fernando Corbato !!
 
nah sekilas tentang pengenalan si Pencipta Password ini, anda bisa membaca selengkapnya tentang Fernando José Corbató DISINI . . . .

Sekian dulu Pembahasan kita kali ini, semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan anda tentang Dunia Maya dan Silahkan dibagikan....
wassalam...
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel terbaru setiap postingan yang terbit di Animasi Grafis Komputer
Share this article :

Tidak ada komentar:

 
Salam: T.A.G.K | D-Pr@tama | Can you Follow me
Copyright © 2011. Animasi Grafis Komputer - All Rights Reserved
Terima Kasih Telah berkunjung di Animasi SMK